Thursday, September 18, 2008

Kimia Kebahagiaan: Al Ghazali


KIMIA KEBAHAGIAAN

BAB 1 : Pengetahuan Tentang Diri
Pengetahuan tentang diri adalah kunci pengetahuan tentang Tuhan, sesuai
dengan Hadits: "Dia yang mentetahui dirinya sendiri, akan mengetahui
Tuhan," dan sebagaimana yang tertulis di dalam al-Qur'an: "Akan Kami
tunjukkan ayat-ayat kami di dunia ini dan di dalam diri mereka, agar
kebenaran tampak bagi mereka." Nah, tidak ada yang lebih dekat kepada
anda kecuali diri anda sendiri. Jika anda tidak mengetahui diri anda sendiri,
bagaimana anda bisa mengetahui segala sesuatu yang lain. Jika anda
berkata" "Saya mengetahui diri saya"- yang berarti bentuk luar anda; badan,
muka dan anggota-anggota badan lainnya - pengetahuan seperti itu tidak
akan pernah bisa menjadi kunci pengetahuan tentang Tuhan. Demikian pula
halnya jika pengetahuan anda hanyalah sekedar bahwa kalau lapar anda
makan, dan kalau marah anda menyerang seseorang; akankah anda
dapatkan kemajuan-kemajuan lebih lanjut di dalam lintasan ini, mengingat
bahwa dalam hal ini hewanlah kawan anda?
Pengetahuan tentang diri yang sebenarnya, ada dalam pengetahuan tentang
hal-hal berikut ini:
Siapakah anda, dan dari mana anda datang? Kemana anda pergi, apa tujuan
anda datang lalu tinggal sejenak di sini, serta di manakah kebahagiaan anda
dan kesedihan anda yang sebenarnya berada? Sebagian sifat anda adalah
sifat-sifat binatang, sebagian yan glain adalah sifat-sifat setan dan selebihnya
sifat-sifat malaikat. Mestai anda temukan, mana di antara sifat-sifat ini yan
gaksidental dan mana yan gesensial (pokok). Sebelum anda ketahui hal ini,
tak akan bisa anda temukan letak kebahagiaan anda yang sebenarnya.
Pekerjaan hewan hanyalah makan, tidur dan berkelahi. Oleh karena itu, jika
anda seekor hewan, sibukkan diri anda dengan pekerjaan-pekerjaan ini.
Setan selalu sibuk mengobarkan kejahatan, akal bulus dan kebohongan. Jika
anda termasuk dalam kelompok mereka, kerjakan pekerjaan mereka.
Malaikat-malaikat selalu merenungkan keindahan Tuhan dan sama sekali
bebas dari kualitas-kualitas hewan. Jika anda punya sifat-sifat malaikat, maka
berjuanglah untuk mencapai sifat-sifat asal anda agar bisa anda kenali dan
renungi Dia Yang Maha Tinggi, serta merdeka dari perbudakan nafsu dan
amarah. Juga mesti anda temukan sebab-sebab anda diciptakan dengan
kedua insting hewan ini: mestikah keduanya menundukkan dan
memerangkap anda, ataukah anda yang mesti menundukkan mereka dan -
dalam kemajuan anda - menjadikan salah satu di antaranya sebagai kuda
tunggangan serta yang lainnya sebagai senjata.
Langkah pertama menuju pengetahuan tentang diri adalah menyadari bahwa
anda terdiri dari bentuk luar yang disebut sebagai jasad, dan wujud dalam
yang disebut sebagai hati atau ruh. Yang saya maksudkan dengan "hati"
bukanlah sepotong daging yang terletak di bagian kiri badan, tetapi sesuatu
yang menggunakan fakultas-fakultas lainnya sebagai alat dan pelayannya.
Pada hakikatnya dia tidak termasuk dalam dunia kasat-mata, melainkan dunia

maya; dia datang ke dunia ini sebagai pelancong yan gmengunjungi suatu
negeri asing untuk keperluan perdagangan dan yang akhirnya akan kembali
ke tanah asalnya. Pengetahuan tentang wujud dan sifat-sifatnya inilah yang
merupakan kunci pengetahuan tentang Tuhan.
Beberapa gagasan tentang hakikat hati atau ruh bisa diperoleh seseorang
yang mengatupkan matanya dan melupakan segala sesuatu di sekitarnya
selain individualitasnya. Dengan demikian, ia juga akan memperoleh
penglihatan sekilas akan sifat tak berujung dari individualitas itu. Meskipun
demikian, pemeriksaan yang terlalu dekat kepada esensi ruh dilarang oleh
syariat. Di dalam al-Qur'an tertulis: "Mereka bertanya kepadamu tentang ruh.
Katakan: Ruh itu adalah urusan Tuhanku." (QS 17:85). Yang bisa diketahui
adalah bahwa ia merupakan suatu esensi tak terpisahkan yang termasuk
dalam dunia titah, dan bahwa ia tidak berasal dari sesuatu yang abadi,
melainkan diciptakan. Pengetahuan filosofis yang tepat tentang ruh bukanlah
merupakan pendahuluan yang perlu untuk perjalanan di atas lintasan agama,
melainkan muncul lebih sebagai akibat disiplin-diri dan kesabaran berada di
atas lintasan itu, sebagaimana dikatakan dalam al-Qur'an: "Siapa yang
berjuang di jalan Kami, pasti akan Kami tunjukkan padanya jalan yan glurus."
(QS 29:69).
Untuk melanjutkan peperangan ruhaniah demi mendapatkan pengetahuan
tentang diri dan tentang Tuhan, jasad bisa digambarkan sebagai suatu
kerajaan, jiwa (ruh) sebagai rajanya serta berbagai indera dan fakultas lain
sebagai tentaranya. Nalar bisa disebut sebagai wazir atau perdana menteri,
nafsu sebagai pemungut pajak dan amarah sebagai petugas polisi. Dengan
berpura-pura mengumpulkan pajak, nafsu terus-menerus cenderung untuk
merampas demi kepentingannya sendiri, sementara amarah selalu cenderung
kepada kekasaran dan kekerasan. Pemungut pajak dan petugas polisi
keduanya harus selalu ditempatkan di bawah raja, tetapi tidak dibunuh atau
diungguli, mengingat mereka memiliki fungsi-fungsi tersendiri yang harus
dipenuhinya. Tapi jika nafsu dan amarah menguasai nalar, maka - tak bisa
tidak - keruntuhan jiwa pasti terjadi. Jiwa yang membiarkan fakultas-fakultas
yang lebih rendah untuk menguasai yang lebih tinggi ibarat seseorang yang
menyerahkan seorang bidadari kepada kekuasaan seekor anjing, atau
seorang muslim kepada tirani seorang kafir.
Penanaman kualitas-kualitas setan, hewan ataupun malaikat menghasilkan
watak-watak yang sesuai dengan kualitas tersebut - yang di Hari Perhitungan
akan diwujudkan dalam bentuk kasat-mata, seperti nafsu sebagai babi, ganas
sebagai anjing dan serigala, serta suci sebagai malaikat. Tujuan disiplin moral
adalah untuk memurnikan hati dari karat-nafsu dan amarah, sehingga
bagaikan cermin yan gjernih, ia memantulkan cahaya Tuhan.
Barangkali di antara pembaca ada yang akan berkeberatan, "Tapi jika
manusia telah diciptakan dengan kualitas-kualitas hewan, setan dan malaikat,
bagaimana bisa kita ketahui bahwa kualitas malaikat merupakan esensinya
yang sebenarnya, sementara kualitas hewan dan setan hanyalah aksidental
dan peralihan belaka?" Atas pertanyaan ini, saya jawab bahwa esensi tiap
makhluk adalah sesuatu yang tertinggi di dalam dirinya dan khas baginya.

Kuda dan keledai kedua-duanya adalah hewan pengangkut beban, tetapi
kuda lebih unggul dari keledai karena ia dimanfaatkan untuk perang. Jika
gagal dalam hal ini, ia pun terpuruk ke tingkatan binatang pengangkut beban.
Fakultas tertinggi di dalamnya adalah nalar yang menjadikannya bisa
merenung tentang Tuhan. Jika fakultas ini dominan dalam dirinya, maka
ketika mati dia tinggalkan di belakangnya segenap kecenderungan kepada
nafsu dan amarah, sehingga memungkinkannya berkawan dengan para
malaikat. Dalam hal pemilikan kualitas-kualitas hewan, manusia kalah
dibanding banyak hewan, tetapi nalar membuatnya lebih unggul dari mereka,
sebagaimana tertulis di dalam al-Qur'an: "Telah Kami tundukkan segala
sesuatu di atas bumi untuk manusia" (QS 45:13). Tetapi jika
kecenderungankecenderungannya
yang lebih rendah yang menang, maka setelah
kematiannya, dia akan selamanya menghadap ke bumi dan mendambakan
kesenangan-kesenangan duniawi.
Selanjutnya, jiwa rasional di dalam manusia penuh dengan keajaibankeajaiban
pengetahuan maupun kekuatan. Dengan itu semua ia menguasai
seni dan sains, ia bisa menempuh jarak dari bumi ke langit bolak-balik
secepat kilat, dan mampu mengatur lelangit dan mengukur jarak antar
bintang. Dengan itu juga ia bisa menangkap ikan dari lautan dan burungburung
dari udara, serta bisa menundukkan binatang-binatang seperti gajah,
unta dan kuda.
Pancainderanya bagaikan lima pintu yang terbuka menghadap ke dunia luar.
Tetapi ajaib dari semuanya ini, hatinya memiliki jendela yang terbuka ke arah
dunia ruh yang tak kasat-mata. Dalam keadaan tertidur, ketika saluran
inderanya tertutup, jendela ini terbuka dan ia menerima kesan-kesan dari
dunia tak-kasat-mata; kadang-kadang bisa ia dapatkan isyarat tentang masa
depan. Hatinya bagaikan sebuah cermin yang memantulkan segala sesuatu
yang tergambar di dalam Lauhul-mahfuzh. Tapi, bahkan dalam keadaan tidur,
pikiran-pikiran akan segala sesuatu yang bersifat keduniaan akan
memburamkan cermin ini, sehingga kesan-kesan yang diterimanya tidak
jelas. Meskipun demikian setelah mati pikiran-pikiran seperti itu sirna dan
segala sesuatu tampak dalam hakikat-telanjangnya. Dan kata-kata di dalam
al-Qur'an pun menyatakan: "Telah Kami angkat tirai darimu dan hari ini
penglihatanmu amat tajam."
Membuka sebuah jendela di dalam hati yang mengarah kepada yan gtakkasat-
mata ini juga terjadi di dalam keadaan-keadaan yang mendekati ilham
kenabian, yakni ketika intuisi timbul di dalam pikiran - tak terbawa lewat
saluran-indera apa pun. Makin seseorang memurnikan dirinya dari syahwatsyahwat
badani dan memusatkan pikirannya pada Tuhan, akan makin
pekalah ia terhadap intuisi-intuisi seperti itu. Orang-orang yang tidak sadar
akan hal ini tidak punya hak untuk menyangkal hakikatnya.
Intuisi-intuisi seperti itu tidak pula terbatas hanya pada tingkatan kenabian
saja. Sebagaimana juga besi, dengan memolesnya secukupnya, ia akan bisa
dijelmakan menjadi sebuah cermin. Jadi, dengan disiplin yang memadai,
pikiran siapa pun bisa dijadikan mampu menerima kesan-kesan seperti itu.
Kebenaran inilah yang diisyaratkan oleh Nabi ketika beliau berkata: "Setiap
anak lahir dengan suatu fitrah (untuk menjadi muslim); orang tuanyalah yang
kemudian membuatnya menjadi seorang Yahudi, Nasrani atau Majusi." Setiap
manusia, di kedalaman kesadarannya, mendengar pertanyaan "Bukankah
Aku ini tuhanmu?" dan menjawab "Ya". Tetapi ada hati yang menyerupai
cermin yang telah sedemikian dikotori oleh karat dan kotoran sehingga tidak
lagi memberikan pantulan-pantulan yang jernih. Sementara hati para nabi dan
wali, meskipun mereka juga mempunyai nafsu seperti kita, sangat peka
terhadap segenap kesan-kesan ilahiah.
Bukan hanya dengan nalar pengetahuan capaian dan intuitif saja jiwa
manusia bisa menempati tingkatan palin gutama di antara makhluk-makhluk
lain, tetapi juga dengan nalar kekuatan. Sebagaimana malaikat-malaikat
berkuasa atas kekuatan-kekuatan alam, demikian jugalah jiwa mengatur
anggota-anggota badan. Jiwa yang telah mencapai suatu tingkatan kekuatan
khusus, tidak saja mengatur jasadnya sendiri, melainkan juga jasad orang
lain. Jika mereka ingin agar seseorang yang sakit bisa sembuh, maka si sakit
pun akan sembuh, atau menginginkan seseorang yang sehat agar jatuh sakit,
maka sakitlah orang itu, atau jika ia inginkan kehadiran seseorang, maka
datanglah orang itu kepadanya. Sesuai dengan baik-buruknya akibat yang
ditimbulkan oleh jiwa yang sangat kuat ini, hal tersebut diistilahkan sebagai
mukjizat dan sihir. Jiwa ini berbeda dari orang biasa dalam tiga hal:
1. Yang hanya dilihat oleh orang-orang lain sebagai mimpi, mereka lihat
pada saat-saat jaga.
2. Sementara kehendak orang lain hanya mempengaruhi jasad mereka
saja, jiwa ini, dengan kekuatan kehendaknya, bisa pula menggerakan
jasad-jasad di luar mereka.
3. Pengetahuan yang oleh orang lain diperoleh dengan belajar secara
sungguh-sungguh, sampai kepada mereka lewat intuisi.
Tentunya bukan hanya tiga tanda ini sajalah yang membedakan mereka dari
orang-orang biasa, tetapi hanya ketiganya itulah yang bisa kita ketahui.
Sebagaimana halnya, tidak ada sesuatu pun yang mengetahui sifat-sifat
Tuhan yang sebenarnya, kecuali Tuhan sendiri, maka tak ada seorang pun
yang mengetahui sifat sebenarnya seorang Nabi, kecuali seorang Nabi. Hal
ini tak perlu kita herankan, sama halnya dengan di dalam peristiwa sehari-hari
kita melihat kemustahilan untuk menerangkan keindahan puisi pada
seseorang yan gtelinganya kebal terhadap irama, atau menjelaskan
keindahan warna kepada seseorang yang sama sekali buta. Di samping
ketidakmampuan, ada juga hambatan-hambatan lain di dalam pencapaian
kebenaran ruhaniah. Salah satu di antaranya adalah pengetahuan yang
dicapai secara eksternal. Sebagai misal, hati bisa digambarkan sebagai
sumur dan pancaindera sebagai lima aliran yang dengan terus-menerus
membawa air ke dalamnya. Agar bisa menemukan kandungan hati yang
sebenarnya, maka aliran-aliran ini mesti dihentikan untuk sesaat dengan cara
apa pun dan sampah yang dibawa bersamanya mesti dibersihkan dari sumur
itu. Dengan kata lain, jika kita ingin sampai kepada kebenaran ruhani yang
murni, pada saat itu mesti kita buang pengetahuan yang telah dicapai dengan
proses-proses eksternal dan yang sering sekali mengeras menjadi prasangka
dogmatis.

Kesalahan dari jenis lain, berlawanan dengan itu, dibuat oleh orang-orang
yang dangkal yang - dengan menggemakan beberapa ungkapan yang
mereka tangkap dari guru-guru Sufi - ke sana ke mari menyebarkan kutukan
terhadap semua pengetahuan. Ia bagaikan seseorang yang tidak capak di
bidang kimia menyebarkan ucapan: "Kimia lebih baik dari emas," dan
menolak emas ketika ditawarkan kepadanya. Kimia memang lebih baik dari
emas, tapi para ahli kimia sejati amatlah langka, demikian pula
Sufi-sufi sejati.
Seseorang yang hanya memiliki pengetahuan yang dangkal tentang tasawuf,
tidak lebih unggul daripada seorang yang terpelajar. Demikian pula seseorang
yang baru mencoba beberapa percobaan kimia, tidak punya alasan untuk
merendahkan seorang kaya.
Setiap orang yang mengkaji persoalan ini akan melihat bahwa kebahagiaan
memang terkaitkan dengan pengetahuan tentang Tuhan. Tiap fakultas dalam
diri kita senang dengan segala sesuatu yang untuknya ia diciptakan. Syahwat
senang memuasi nafsu, kemarahan senang membalas dendam, mata senang
melihat obyek-obyek yang indah, dan telinga senang mendengar suara-suara
yang selaras. Fungsi tertinggi jiwa manusia adalah pencerapan kebenaran,
karena itu dalam mencerap kebenaran tersebut ia mendapatkan kesenangan
tersendiri. Bahkan soal-soal remeh, seperti mempelajari catur, juga
mengandung kebaikan. Dan makin tinggi materi subyek pengetahuan
didapatnya, makin besarlah kesenangannya. Seseorang akan senang jika
dipercayai untuk jabatan Perdana Menteri, tetapi betapa lebih senangnya ia
jika sang raja sedemikian akrab dengannya sehingga membukakan soal-soal
rahasia baginya.
Seorang ahli astronomi yang dengan pengetahuannya bisa memetakan
bintang-bintang dan menguraikan lintasan-lintasannya, mereguk lebih banyak
kenikmatan dari pengetahuannya dibanding seorang pemain catur. Setelah
mengetahui bahwa tak ada sesuatu yang lebih tinggi dari Allah, maka betapa
akan besarnya kebahagiaan yang memancar dari pengetahuan sejati tentang-
Nya itu!
Orang yang telah kehilangan keinginan akan pengetahuan seperti ini adalah
bagaikan seorang yang telah kehilangan seleranya terhadap makanan sehat,
atau yang untuk hidupnya lebih menyukai makan lempung daripada roti.
Semua nafsu badani musnah pada saat kematian bersamaan dengan
kematian organ-organ yang biasa diperalat nafsu-nafsu tersebut. Tetapi jiwa
tidak. Ia simpan segala pengetahuan tentang Tuhan yang dimilikinya, malah
menambahnya.
Suatu bagian penting dari pengetahuan kita tentang Tuhan timbul dari kajian
dan renungan atas jasad kita sendiri yang menampakkan pada kita
kebijaksanaan, kekuasaan, serta cinta Sang Pencipta. Dengan kekuasan-
Nya, Ia bangun kerangka tubuh manusia yang luar biasa dari hanya suatu
tetesan belaka. Kebijakan-Nya terungkapkan di dalam kerumitan jasad kita
serta kemampuan bagian-bagiannya untuk saling menyesuaikan, Ia
perlihatkan cinta-Nya dengan memberikan lebih dari sekadar organ-organ
yang memang mutlak perlu bagi eksistensi - seperti hati, jantung dan otak -
tetapi juga yang tidak mutlak perlu - seperti tangan, kaki, lidan dan mata.

Kepada semuanya ini telah Ia tambahkan sebagai hiasan hitamnya rambut,
merahnya bibir dan melengkungnya bulu mata.
Manusia dengan tepat disebut sebagi 'alamushshaghir' atau jasad-kecil di
dalam dirinya. Struktur jasadnya mesti dipelajari, bukan hanya oleh orangorang
yang ingin menjadi dokter, tetapi juga oleh orang-orang yang ingin
mencapai pengetahuan yang lebih dalam tentang Tuhan, sebagaimana studi
yang mendalam tentang keindahan dan corak bahasa di dalam sebuah puisi
yang agung akan mengungkapkan pada kita lebih banyak tentang kejeniusan
pengarangnya.
Di atas semua itu, pengetahuan tentang jiwa memainkan peranan yang lebih
penting dalam membimbing ke arah pengetahuan tentang Tuhan ketimbang
pengetauhan tentan gjasad kita dan fungsi-fungsinya. Jasad bisa
diperbandingkan dengan seekor kuda dengan jiwa sebagai penunggangnya.
Jasad diciptakan untuk jiwa dan jiwa untuk jasad. Jika seorang manusia tidak
mengetahui jiwanya sendiri - yang merupakan sesuatu yang paling dekat
dengannya - maka apa arti klaimnya bahwa ia telah mengetahui hal-hal lain.
Kalau demikian, ia bagaikan seorang pengemis yang tidak memiliki
persediaan makanan, lalu mengklaim bisa memberi makan seluruh penduduk
kota.
Dalam bab ini kita telah berusaha sampai tingkat tertentu untuk memaparkan
kebesaran jiwa manusia. Seseorang yang mengabaikannya dan menodai
kapasitasnya dengan karat atau memerosotkannya, pasti menjadi pihak yang
kalah di dunia ini dan di dunia mendatang. Kebesaran manusia yang
sebenarnya terletak pada kapasitasnya untuk terus-menerus meraih
kemajuan. Jika tidak, di dalam ruang temporal ini, ia akan menjadi makhluk
yang paling lemah di antara segalanya - takluk oleh kelaparan, kehausan,
panas, dingin dan penderitaan. Sesuatu yang paling ia senangi sering
merupakan sesuatu yang paling berbahaya baginya. Dan sesuatu yang
menguntungkannya tidak bisa ia peroleh kecuali dengan kesusahan dan
kesulitan. Mengenai inteleknya, sekadar suatu kekacauan kecil saja di dalam
otaknya sudah cukup untuk memusnahkan atau membuatnya gila.
Sedangkan mengenai kekuatannya, sekadar sengatan tawon saja sudah bisa
mengganggu rasa santai dan tidurnya. Mengenai tabiatnya, dia sudah akan
gelisah hanya dengan kehilangan satu rupiah saja. Dan tentang
kecantikannya, ia hanya sedikit lebih cantik daripada benda-benda
memuakkan yang diselubungi dengan kulit halus. Jika tidak sering dicuci, ia
akan menjadi sangat menjijikkan dan memalukan.
Sebenarnyalah manusia di dunia ini sungguh amat lemah dan hina. Hanya di
dalam kehidupan yang akan datang sajalah ia akan mempunyai nilai, jika
dengan sarana "kimia kebahagiaan" tersebut ia meningkat dari tingkat hewan
ke tingkat malaikat. Jika tidak, maka keadaannya akan menjadi lebih buruk
dari orang-orang biadab yan gpasti musnah dan menjadi debu. Perlu baginya
untuk - bersamaan dengan timbulnya kesadaran akan keunggulannya
sebagai makhluk terbaik - belajar mengetahui juga ketidakberdayaannya,
karena hal ini juga merupakan salah satu kunci kepada pengetahuan tentang
Tuhan.

___________________________________________________________________________
Dapatkan nama yang Anda sukai!
Sekarang Anda dapat memiliki email di @ymail.com dan @rocketmail.com.
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/id/

No comments: